HMF-Hukum UNIPMA sukses gelar Workshop : Pembuatan Artikel Ilmiah Penggunaan Citation Dan Reference Manager “Mendeley” 

HMF-Hukum UNIPMA sukses gelar Workshop : Pembuatan Artikel Ilmiah Penggunaan Citation Dan Reference Manager “Mendeley”

Semangat belajar dan berprestasi membangun negeri merupakan salah satu prioritas mahasiswa Program Studi Hukum Universitas PGRI Madiun. Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (HMFH) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) sukses menggelar kegiatan Workshop: Pembuatan Artikel Ilmiah Penggunaan Citation Dan Reference Manager “Mendeley” yang merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum (HMFH) di setiap tahun.

Grand project Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun setiap tahunnya adalah Conference On Law and Social Studies atau COLaS merupakan pertemuan ilmiah di bidang hukum yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun. Hasil pemikiran dan seminar dari COLaS diterbitkan dalam bentuk Proceeding of Conference On Law and Social Science yang dapat diikuti oleh mahasiswa, dosen, peneliti, praktisi, dan aparatur pemerintahan.

Upaya untuk mencapai grand target tersebut adalah mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif dalam pembuatan artikel ilmiah di bidang hukum. Dosen dan mahasiswa adalah sumber daya manusia utama yang harus aktif dalam menghasilkan produk intelektual dan publikasi. Salah satu kegiatan untuk mendukung grand project Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun adalah kegiatan Workshop: Pembuatan Artikel Ilmiah Penggunaan Citation Dan Reference Manager “Mendeley”.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB secara luring di Laboratorium Terpadu Kampus 4 (empat) UNIPMA. Dihadiri oleh seluruh Mahasiswa sebagai peserta dan dosen Fakultas Hukum UNIPMA sejumlah 132 orang. Workshop ini dibuka dengan Sambutan dari Dekan Fakultas Hukum UNIPMA Dr. Siska Diana Sari, S.H., M.H. dan menghadirkan pemateri yang sangat kompeten yaitu Dr. Swasti Maharani, S.Pd., M.Pd. salah satu dosen di Universitas PGRI Madiun pada sabtu (27/05/2023).

Melalui kegiatan ini, mahasiswa didorong untuk lebih memahami esensi penulisan artikel ilmiah dan penggunaan software sitasi yang baik dan benar. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan praktik penggunaan mendeley yang secara langsung di bombing oleh pemateri. “Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya untuk mahasiswa program studi hukum, karena mahasiswa tidak hanya di bekali materi namun secara langsung dibimbing untuk mempratikkan penggunaan software mendeley” Jelas Fayza Ilhafa salah satu peserta workshop.

Output dari kegiatan ini mahasiswa Fakultas Hukum UNIPMA dapat lebih memahami esensi pembuatan artikel ilmiah. “Jadi nantinya bukan hanya sebagai bekal dalam menyusun skripsi tapi mahasiswa FH-UNIPMA diharapkan mampu menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas dan bahkan produk artikelnya bisa dipublikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi” tutup Dr. Sulistya Eviningrum, S.H., M.H. (Kaprodi Hukum Universitas PGRI Madiun).