Analisa Kasus Di Bidang Perjanjian dan Artikel Ilmiah 

Fakultas Hukum UNIPMA (Universitas PGRI Madiun) kembali menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan narasumber seorang Dosen, Siti Jihan Syahfauziah, S.H. Kuliah Tamu tersebut dilaksanakan secara luring di Fakultas Hukum UNIPMA dan dihadiri Mahasiswa Fakultas Hukum UNIPMA pada Sabtu, 02 Desember 2023. Pada kesempatan tersebut, materi yang disampaikan yaitu mengenai analisa kasus di bidang perjanjian.

Perjanjian adalah hubungan hukum antara dua belah pihak atau lebih berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan suatu akibat hukum. Pada praktiknya sebuah perjanjian atau kontrak sering mengalami kasus wanprestasi. Terjadinya wanprestasi timbul dari adanya hubungan kontraktual. Contoh analisa dari kasus perjanjian adalah adanya wanprestasi yang dilakukan pembeli pada suatu jual-beli. Faktor yang menyebabkan pihak pembeli melakukan wanprestasi adalah faktor kelalaian, yaitu dengan tidak dipenuhinya perjanjian yang telah diperjanjikan yaitu pihak pembeli tidak membayarkan apa yang seharusnya dibayarkan dan sudah menjadi kewajiban dari pihak pembeli untuk membayar. Dalam hal tersebut, pihak penjual dapat melakukan penyelesaian sengketa secara litigasi maupun non litigasi.

Ketika pemaparan materi telah selesai, narasumber memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya terkait materi yang mungkin belum dimengerti dan kuliah tamu di akhiri dengan beberapa materi tambahan sebagai pelengkap yang disampaikan oleh Nizam Zakka Arrizal, S.H., M. Kn.